Jumat, 15 Februari 2013

MACAM-MACAM MESIN PENGGANDA


MACAM-MACAM MESIN PENGGANDA

A. Mesin stensil 
 Mesin stensil merupakan mesin pengganda dokumen yang masih digunakan dikantor-kantor karena menggunakan biaya yang murah dan hasilnya pun dapat dikatakan cukup dan mempunyai kemampuan yang sedang.
Penggunaan mesin stensil menggunakan Stensil Sheet Kertas atau stensil sheet master yang terbuat dari plastic (sheet ini mempunyai kemampuan unuk menerima gambar,foto dan sebagainya karena prinsipnya naskah diketik terlebih dahulu setelah selesai ditata tanpa kesalahan barulah direkam), berbeda dengan stensil sheet, pengetikan dilakukan langsung diatas sheet tersebut, apabila terjadi kesalahan maka perbaikan dilakukan langsung diatas sheet tersebut, apabila terjadi kesalahan maka perbaikan dilakukan di aatas sheet setelah dihapus dan dikoreksi. Penggunaan mesin stensil sheet kini ada dua macam :

  • Mesin stensil Manual : mesin stensil yang cara kerjanya digerakan menggunakan tangan (engkol)
  • Mesin sheet Stensil Duplicator (Listrik) : mesin stensil yang cara kerjanya digerakan menggunakan tenaga listrik
B. Mesin Fotocopy
Mesin foto copy merupakan suatu alat penggandaan secara praktis karena setiap saat bias diperlukan dan dapat dilakukan menjadi sejumlah yang diinginkan dalam waktu yang relative singkat sesuai dengan kebutuhan, tanpa merusak bahan aslinya. Fotocopy merupakan bagian dalam bidang penyalinan

C. Mesin Risograf
Adalah sebuah mesin yang dirancang dengan mengabungkan tiga teknologi, yaitu digital scaning, teknologi fotocopy serta system offset.

D. Scaner (mesin perekan sheet)
Adalah jenis mesin pengganda yang dapat menyalin ulang kembali proses, kondisi, atau keadaan fisik melalui pembuatan master sheet dengan cara merekam.

E. Offset
Cetak offset adalah teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- "offset") terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, lalu ke permukaan yang akan dicetak. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.



Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar